Thanks because you are the

Sunday, September 23, 2012

Pilihanku!

Apa yang pernah lu pikirin saat lu duduk di kelas 1 SMA pas ada penjurusan untuk tahun berikutnya? IPA? Udah pasti orang-orang banyak menginginkan masuk jurusan IPA saat duduk di SMA, tapi pernah ga tanya alesan mereka masuk IPA? Gw nanya sama temen- temen deket gw sendiri tentang apasih cita- cita mereka. Lu tau apa yang mereka jawab dan apa alesan mereka? Orang pertama yang gw tanya menjawab "Gw masih belum punya cita-cita, jadi gw mau cari aman dulu aja", orang kedua jawab "cita-cita? Gw sebenernya pengen masuk design, tapi bokap nyokap gw maksa untuk masuk IPA", orang ketiga menjawab "Gw pengen jadi musisi, tapi orang tua gw nyuruh untuk ambil IPA dulu, biar gampang nyari yang lain."

Well, itu jawaban mereka. Kebanyakan sih jawab yang setipe sama yang pertama. Mereka hanya cari aman? Tapi apa jurusan IPA emang bisa masuk semua? apa ada orang yang mau belajar begitu sulit tapi akhirnya ilmu itu ga dipake? Mungkin untuk orang yang masuk bidang farmasi akan sangat berguna ilmu tersebut, namun bagi orang yang hanya cari aman, lalu pindah ke jurusan lain? apakah tidak ada penyesalan?


Gw sekarang duduk di kelas 11, dan gw masuk ke jurusan bahasa. Ga sedikit dari lingkungan gw menerima anak bahasa. Bahkan nyokap gw sendiri ga setuju. Gw bertengkar mulut sama nyokap gw cuma gara-gara jurusan. Nyokap gw bilang, "Kalo kamu dari bahasa, itu akan susah banget nyari universitas karena mereka selalu liat anak IPA pertama!" gw inget banget dari cara ngomong dy waktu itu. Mata melotot, alis turun, dan dengan volume suara yang hampir setara dengan ampli gitar gw. Dari situ gw cuma bales, "Ma, aku milih jurusan bahasa kerena itu minat dan bakat aku sendiri. Kalo mama bilang anak IPA diliat pertama, itu bakal jadi motivasi aku buat menjadi pesaing mereka. Anak Bahasa bukan anak buangan, aku udah punya cita- cita sendiri." Akhirnya nyokap gw bilang "oke, jangan nyesel ya nanti masuk bahasa", gw tau banget dy masih ga suka gw masuk bahasa dari cara dy ngomong. Oke sekarang semua terserah gw.

"Gw udah ga dapet dukungan dari orang tua. Fine, gw akan buat mereka melek sama anak bahasa. Sekarang waktu buat gw nunjukin kalo INI PILIHAN GW." Itu motto gw yang selalu gw bawa.

Hari pertama masuk bahasa gw bener-bener bingung. Gw dateng sama temen deket gw kelas 10, namanya Christo. Coba tebak berapa jumlah murid anak bahasa? Lalu berapa jumlah anak cowonya? Jawabannya adalah

11 dan 3

Hahahahaha cowo banding cewenya 3:11 meskipun Sanur emang udah biasa dengan jumlah cewe yang lebih banyak tapi gw tetep cengo pas liat kondisi ini hahahha. Oke cerita lanjut. Pas gw masuk gw liat ada cewe cakep (Hanna), pendiam namun bermakna saat ngomong (Nia), jago musik (Ine), ahli bela diri (Keke), jago nyanyi (Rachel), jago gambar (Cilla & Shelli), orang berjiwa pemimpin tapi grogian (Erika) dan dari sisi cowo kita bertiga (Gw, Christo, Andi) bisa dibilang cukup baik dalam bidang olah raga dan musik. Liatkan? Persaingan anak dari modal awal semua ada spesialisasi sendiri.. Sekarang saatnya buat gw buktiin dari sebelas ini gw akan coba jadi yang terbaik.

Bulan pertama menuju bulan kedua, siswa kelas 11 dapet kesempatan untuk nyoba jadi anggota kaderisasi Sanur. Awalnya yang mau ikut di kelas gw cuma Keke dan Erika, tapi akhirnya semuanya ikut kecuali Christo dan Andi. Pada awalnya saya pesimis masuk namun ditengah malam sebelum hari tes dilakukan, saya teringat motto gw, dan ini adalah salah satu cara membuktikan kepada orang tua gw, kalo GW yang anak bahasa BISA NYAINGIN ORANG di jurusan LAIN.

Saat tes dilakukan, gw coba dengan kemampuan gw sebisanya, dan jujur aja gw paling gabisa tes angka yang ngitung dari bawah ke atas. Yaaaa secara musuh bebuyutan gw dari dulu emang angka. Gw udah merelakan aja hasil tes gw saat dikumpul.

Sebulan kemudian, hasil tes keluar dan diumumkan siapa saja yang masuk sebagai anggota kader. Dari kelas gw ada 3 orang. Saat mendengar cuma 3, gw udah pesimis, "yah ini mah paling yang dapet Keke, Hanna, sama Rachel." Tapi pas diumumin nama yang keluar adalah:

Erika Wijaya XI IPB

Theresia Hanna XI IPB


dan yang terakhir

Yudha Prawira XI IPB

Loh, loh, loh kok nama gw ada? Gw bingung dan ada juga senengnya, Keke itu menurut gw paling pinter dikelas, tapi kenapa ga dtrima yah? Kayanya salah nih.. Gw bingung banget, tapi sekarang itu bisa jadi bukti gw ke nyokap. Dari 100an lebih siswa daftar, 38 keterima, dan gw ada di dalemnya.Tulisan yang gw Capslock pisah pisah jadi kebukti. "gw bisa nyaingin orang lain"

Sampe saat ini, prestasi gw bisa dibilang cukup baik dan gw banyak juga partisipasi di sekolah. Dan gw NGGA nyesel masuk bahasa.


*Gw bikin ini bukan untuk berbangga diri ato ngehina anak IPA. Ga ada niat sama sekali, gw cuma pangen kasih tau, Pilih Jurusan yang Sesuai dengan Minat dan Bakat, maka itu akan jadi "booster" lu untuk dapet hasil lebih.

5 comments:

  1. Cece-mu yang paling keren se-FKUBMonday, September 24, 2012 at 9:15:00 PM GMT+7

    Wuah... curcol Dek...? Bagus! Bagus!
    Sori ya Dek kalo aku dulu juga meragukan bakatmu... Hehehehe... Habis sebenarnya aku mau balas dendam karena dulu aku juga mau masuk IPB, tapi ga boleh juga. Tapi bedanya kamu berani ambil pilihanmu, dan aku terjebak di IPA.
    Sekarang kamu udah buktiin sebagai anak IPB yang eksis (seperti kebanyakan kakak kelas IPB yang banyak juga yang langsung eksis begitu masuk IPB). LANJUTKAN DEK!! JANGAN LUPA CARI PACAR!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoooo! yang terakhir tentu akan dilakukan dalam tempoh jang sesingkat- singkatnya! :)

      Delete
  2. SETUJU!!! ga selamanya anak IPA jadi yag terbaik. IPS DAN BAHASA memiliki kesempatan yang sama dalam berkarir dan mencari kesuksesan di Indonesia. Amin SODARA SODARA!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stuju! Hahahahhaa buktiin aja nanti siapa yang sukses duluan!

      Delete